Jika Perpindahan Posisi Transmisi Sulit Dilakukan


Anda pernah merasakan panik karena tuas persneling mobil Anda sulit dipindah posisi, sementara Anda berada di tanjakan? Alangkah repotnya bukan? Memang, idealnya tuas persneling atau transmisi mudah untuk dipindah posisi. Namun bisa saja hal itu akibat gaya berkendara Anda kurang tepat..
Apabila tuas persneling mobil Anda keras, cobalah untuk menepi dulu dan atasi dengan cara angkat dahulu pedal kopling, kemudian injak kembali, baru masukkan gigi ke posisi mundur. Mestinya, tuas transmisi masuk ke posisi mundur. Mobilpun dapat digerakkan ke belakang. beberapa pengendara sudah membuktikan keampuhan solusi dalam mengatasi masalah yang biasanya muncul saat hendak parkir ini.
Cara lain mengatasi masalah serupa adalah dengan memasukkan terlebih dahulu ke gigi 1, baru kemudian geser transmisi ke posisi mundur. Hasilnya sama, transmisi akan mudah masuk ke posisi mundur.
Alasan teknis di balik solusi ini hampir mirip dengan langkah pertama. Saat hendak mundur sangat mungkin kita mengalami masalah seperti di atas karena komponen gigi mundur disusun dengan konstruksi sejajar (sliding). Untuk bisa masuk, mata gigi pemutar dan alur gigi yang akan diputar harus berada pada posisi yang sangat pas. Sedikit saja meleset, tuas akan terasa keras. Seolah ada sesuatu yang mengganjal.
Memang, tuas yang terasa keras itu berarti ada sesuatu yang mengganjal. Ganjalan itu akan hilang setelah transmisi kita posisikan ke gigi 1 terlebih dahulu. Ini ada kaitannya dengan konstruksi gigi maju yang menggunakan sistem syncromesh. Pada saat gigi di posisi 1, maka syncromesh menyamakan gigi pemutar dengan gigi yang akan diputar.
Pergeseran pada konstruksi gigi maju tersebut dapat mengakibatkan pergeseran pula di konstruksi gigi mundur. Implikasi selanjutnya, kemungkinan besar akan terjadi kesesuaian antara gigi pemutar dan alur gigi yang akan diputar. kesesuaian itulah yang kemudian memudahkan kita dalam menggeser tuas transmisi ke posisi mundur.
Seandainya masih terasa keras juga, artinya pergeseran tersebut belum sampai pada titik yang pas. Ulangi lagi langkah serupa, masukkan ke gigi 1, baru kemudian geser tuas transmisi ke posisi mundur.