Berkendara Aman Ala Pembalap Moreno


Umumnya ada lima faktor utama kecelakaan lalulintas yang sering terjadi akhir-akhir ini, yaitu mengemudi dalam keadaan mabuk, mengebut, mengantuk, tidak memakai safety belt, dan menggunakan ponsel saat mengemudi.
maka itu, cara terbaik menghindari kecelakaan lalulintas adalah dengan menghindari kelima faktor tersebut." Anda juga harus memperhatikan rambu-rambu kecepatan yang tertera di jalan-jalan. Karena pasti asa alasan di balik pemasangan rambu kecepatan tersebut. Jika dalam keadaan sangat mengantuk, segera tepikan kendaraan dan buka kaca lebar-lebar agar otak mendapat oksigen lebih banyak, jangan pernah abaikan betapa pentingnya manfaat safety belt,"
saran pembalap nasional Moreno Suprapto.Dia lebih lanjut memberikan tips saat berkendara. Pertama, memilih posisi duduk paling aman dan nyaman dalam kendaraan. Kedua, posisi kaki harus bisa menginjak pedal kopling dengan sempurna. Ketiga, posisi tangan kiri pada posisi jam 9 dan tangan kanan pada jam 3. Jangan pernah melingkarkan diri jari ke dalam lingkaran setir karena berakibat jempol tangan akan cidera dalam kondisi gerak reflek tangan ketika jalan mobil tidak terkendali.
Keempat, jangan memutar setir dengan posisi tangan terbuka dan hanya mengendalikan telapak tangan, bahkan untuk mobildengan power steering
terbaik, karena beresiko kendali akan terlepas jika tiba-tiba ban tersentuh batu.
Dan kelima, jangan pernah memakai bahu jalan, karena kondisi bahu jalan tidak bersih sehingga beresiko ban akan terkena benda-benda apa saja (misalkan pasir tajam) dan membuat ban pecah.