Aman Berkendara di Saat Malam Hari


Anda yang sering pulang malam dengan berkendara sendiri, mesti waspada. Tak hanya bahaya dari luar, dari dalam diri Anda sendiri pun bisa saja muncul. Kecerobohan berkendara atau fungsi komponen kendaraan yang tidak maksimal, misalnya. Untuk itu, sebaiknya Anda menyimak tips berikut ini.

Pertama, bersihkan kaca mobil. Sebab, kaca yang kotor dapat mengurangi kemampuan pandang. Coba untuk membersihkan secara teratur dan menjaga windshield cleaner tetap penuh di penampung adalah cara termudah merawat kaca.

Kemudian perhatikan bagian penerangan. Sebaiknya luruskan arah sorot lampu utama untuk mendapatkan visibility maksimum. Bisa dikerjakan di bengkel tau di rumah jika punya kemampuan. Simpan pula pembersih kaca dan lap di mobil yang bisa digunakan setiap saat untuk membersihkan semua lampu, termasuk lampu plat nomor.

Bila mobil Anda masih menggunakan bohlam konvensional, ada baiknya diganti dengan halogen atau High Intensity Discharge (HID) yang lebih terang. Hal ini untuk meningkatkan system pencahayaan yang berimbas pada peningkatan jarak pandang. Bisa pula dilengkapi dengan satu set lampu kabut untuk mendapatkan penerangan low beam, terutama pada saat cuaca tidak bersahabat.

Ingat pula untuk menggunakan lampu rem secara maksimal. Jangan biarkan lampu rem mati karena dampaknya akan vital. Bila perlu tambah lampu rem. Penelitian mengungkapkan, lampu rem tambahan seperti high-mounted brake lamp, bisa mengurangi risiko tertabrak dari belakang hingga 30 persen.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah dengan membuat mobil Anda lebih terlihat oleh pengendara lain. Di mana, mobil yang bersih bisa memantulkan cahaya lebih baik daripada yang kotor kusam akibat debu. Bisa pula dengan menempelkan reflective tape di bumper dan side molding sehingga membantu menjadikan mobil lebih terlihat