Memperlakukan Ban Agar Tetap Optimal


Ban merupakan piranti sangat vital pada kendaraan bermotor, baik sepeda motor maupun mobil. Sedikit saja terdapat masalah pada ban, hal itu dapat menyebabkan kecelakaan. karena itu, merawat ban sangatlah penting. Selain sebagai penghematan, merawat ban secara benar turut menjaga keselamatan pengendara, pengemudi, dan penumpangnya.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan ban adalah tekanan udara pada ban. Sebab, tekanan udara dapat mempengaruhi keseimbangan dan stabilitas laju kendaraan. Demikian pula dengan gaya atau sikap saat menyetir. Gaya atau sikap menyetir turut mempengaruhi keawetan ban mobil. Berikut tips untuk menjaga keawetan ban.

Berkendaraan dalam kecepatan tinggi dapat meningkatkan temperatur suhu ban. Panas yang dihasilkan dari kecepatan tinggi saat menyetir akan membuat ban cepat panas. Hal itu juga akan berakibat pada makin mempercepat keausan dan mengurangi kekuatan ban.

Saat berkendaraan, menikung atau berbelok arah dengan kecepatan tinggi, dapat membahayakan pengemudinya. Hal itu juga dapat merusak pada kondisi ban. Karena itu, saat berkendaraan disarankan untuk tidak banyak melakukan akselerasi. Demikian juga kalau melakukan pengereman secara tiba-tiba, juga dapat mempercepat keausan ban.

Pengemudi mobil maupun motor disarankan tidak berkendaraan di tepi atau di pinggir jalan. Sebab, acapkali kendaraan akan oleng. demikian juga apabila kondisi jalan bergelombang, tidak rata atau berlubang, hendaknya dihindari. Sebab, jalan berlubang akan mempengaruhi kondisi velg dan menyebabkan rusak. Bahkan, jalan yang berlubang dapat menyebabkan ban pecah.